Cara Menambahkan Tampilan Vintage di Foto Menggunakan Iphone – Siap untuk mengambil langkah mundur melalui waktu dengan kamera iPhone Anda? Tidak hanya fotografi vintage yang sedang tren saat ini, tetapi juga memungkinkan fotografer untuk bereksperimen dengan tampilan yang berbeda untuk mendapatkan sentuhan baru pada getaran jadul. Aplikasi khusus dan filter unik membuat fotografi vintage lebih mudah dari sebelumnya, sehingga Anda dapat meniru gaya favorit Anda dari awal pembuatan film hingga 1980-an dan 1990-an. Yang Anda butuhkan hanyalah mata artistik dan kemauan untuk bereksperimen saat Anda menjalani proses pengeditan.

Apa itu foto vintage?

Fotografi vintage dibuat ketika fotografer mengambil gambar menggunakan film dari era lain, memberikan foto itu tampilan usia tertentu. Untungnya, Anda tidak perlu film mahal dan kamera 35mm untuk berlatih fotografi vintage. Fotografer digital yang ingin fotonya terlihat seperti foto vintage bisa menggunakan teknik editing untuk mewujudkannya.

Fotografi film, seperti jenis seni visual lainnya, telah berubah secara dramatis selama bertahun-tahun, tetapi sebagian besar dari apa yang kita pikirkan sekarang sebagai “efek” hanyalah produk dari film yang digunakan kamera pada saat itu. Mereka yang menyukai fotografi vintage dapat melihat foto lama dan memberi tahu Anda dari era mana foto itu berasal dan film apa yang digunakan. Dan sekarang, aplikasi fotografi populer mempermudah fotografer hobi untuk memberikan sentuhan vintage pada foto mereka dengan memilih filter dari setiap era fotografi.

Bagaimana Anda dapat meniru foto vintage

Apa yang kami anggap fotografi vintage saat ini didasarkan pada foto yang diambil sepanjang sejarah yang memiliki faktor pembeda tertentu. Tampilan vintage yang paling umum mungkin adalah warna sepia pudar yang umum dalam foto film dari tahun 60-an dan 70-an, tetapi ada begitu banyak lagi tampilan dan gaya yang dapat Anda pilih untuk menciptakan efek fotografi vintage Anda sendiri. Berikut adalah beberapa tip untuk membuat foto digital modern Anda terlihat seperti diambil bertahun-tahun yang lalu.

1. Sesuaikan warnanya

Warna-warna cerah yang dapat Anda capai hanya dengan mengetuk rana pada iPhone Anda adalah fenomena modern. Kamera film jarang mencapai saturasi seperti itu, jadi jika Anda ingin mendapatkan tampilan vintage, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah menurunkan saturasi warna. Anda juga dapat menyesuaikan suhu foto Anda. Foto yang keren dan bernuansa hangat akan memberi Anda tampilan vintage, jadi bereksperimenlah dengan keduanya untuk memutuskan tampilan mana yang Anda cari.

2. Tambahkan biji-bijian

Pernahkah Anda melihat foto-foto vintage dan memperhatikan tekstur kasar yang sering dihasilkan dari fotografi film? Saat film diproses, seringkali ada partikel kecil dari perak metalik yang akan meninggalkan pasir pada foto yang sudah jadi. Meskipun ini adalah karakteristik dari banyak foto lama, ini juga mudah dicapai dengan sebagian besar aplikasi pengeditan foto, termasuk Photoshop Express, Snapseed, dan Lightroom Mobile.

3. Bereksperimen dengan tekstur (goresan, debu, dll.)

Tekstur adalah tambahan yang menyenangkan untuk fotografi vintage dan meniru ketidaksempurnaan alami yang sepertinya selalu muncul pada foto yang diambil dalam film. Banyak aplikasi pengeditan foto memiliki beberapa jenis lapisan tekstur. Di Snapseed, Alat Grunge menyediakan beberapa lapisan tekstur berbeda yang dapat Anda buat penyesuaian tanpa batas. Di aplikasi Lightroom, Anda akan menemukan tekstur berbeda di bawah Hamparan. Pilih dari Grunge, Vintage, atau Scratches untuk efek dramatis atau halus.

4. Tambahkan suar lensa

Suar lensa alami sulit ditangkap, tetapi ada banyak opsi overlay yang dapat Anda gunakan untuk memalsukannya dalam foto vintage Anda. Photoshop Express memiliki pilihan suar lensa yang bagus untuk dipilih. Anda dapat mengubah opacity sehingga foto vintage Anda terlihat lebih alami atau lebih artistik, tergantung pada tampilan yang Anda inginkan.

5. Coba hitam dan putih

Tidak semua foto vintage harus hitam putih, tapi ini pasti tempat yang bagus untuk memulai! Foto hitam-putih tampaknya memberikan suasana nostalgia yang dibutuhkan foto untuk memberi kesan vintage. Anda dapat memulai dengan preset hitam-putih yang disediakan oleh editor foto favorit Anda dan kemudian menambahkan sedikit butiran dan/atau tekstur di atasnya.