Tutorial Cara Edit Foto di Snapseed Bagian 1 – Sudahkah Anda mencoba Snapseed untuk mengedit foto di iPhone Anda? Alat pengeditan canggih ini memiliki serangkaian fitur canggih yang dikombinasikan dengan pengeditan satu sentuhan yang sempurna untuk pemula.

Memulai pengeditan foto Snapseed

Berikut cara mengunggah foto pertama Anda ke Snapseed:

1. Buka Snapseed dan berikan izin aplikasi untuk mengakses foto Anda.

2. Ketuk + untuk membuka perpustakaan foto Anda di dalam Snapseed.

3. Gulir foto Anda dan pilih salah satu untuk diedit. Foto akan terbuka di layar Anda dengan menu pengeditan di bawah ini.

Bisakah Snapseed mengedit foto RAW?

Ya! Setelah Anda mengimpor file foto RAW ke perpustakaan foto iPhone Anda, Snapseed dapat menggunakan semua alat pengeditan dan filternya pada foto Anda. Saat Anda mengekspor file RAW yang telah diedit, file tersebut akan disimpan di ponsel Anda sebagai gambar JPEG.

Apakah Snapseed mengurangi kualitas gambar?

Pengaturan default di Snapseed menyimpan foto Anda pada 95% kualitas aslinya. Untuk menyimpan foto Anda dengan kualitas 100%, ikuti petunjuk berikut:

1. Dengan foto terbuka di editor Snapseed, ketuk tiga titik di sudut kanan atas.

2. Ketuk Pengaturan.

3. Pilih Format dan Kualitas.

4. Ketuk 100%.

5. Gunakan panah kembali untuk kembali ke pengeditan Anda.

Menyesuaikan warna dan cahaya dengan Snapseed

Sekarang setelah kita menguasai dasar-dasarnya, mari kita lihat beberapa alat pengeditan Snapseed yang paling kuat.

Tune Gambar

Fitur Tune Image di Snapseed adalah tempat Anda akan menemukan semua alat pengeditan foto dasar. Temukan alat ini dengan mengetuk Alat di bagian bawah layar, lalu pilih Setel Gambar. Setiap alat disesuaikan dengan menggeser jari Anda melintasi penggeser yang sesuai. Berikut adalah penyesuaian yang dapat Anda lakukan dalam ruang kerja Tune Image:

Kecerahan: Ini menambah atau mengurangi eksposur foto Anda.

Kontras: Menaikkan kontras membuat bagian gelap menjadi lebih gelap dan cahaya lebih terang di foto Anda.

Saturasi: Ini membuat semua warna di foto Anda lebih hidup atau jenuh.

Ambiance: Ambiance adalah kombinasi dari Saturation dan Brightness.

Sorotan: Anda dapat menambah atau mengurangi bagian gambar yang paling terang untuk membuat foto Anda menonjol.

Bayangan: Menyesuaikan jumlah Bayangan di foto Anda (area paling gelap dari gambar) dapat mengubah suasana secara drastis.

Kehangatan: Meningkatkan Kehangatan di foto Anda akan menambahkan nada hangat ke palet warna Anda, sementara mengurangi Kehangatan akan menambahkan nada dingin ke warna Anda.

Keseimbangan Putih

Karena sebagian besar sumber cahaya memiliki suhu warna tertentu, kamera tidak selalu menangkap secara akurat apa yang dilihat mata Anda saat mengambil foto. Inilah sebabnya mengapa foto pemandangan bersalju sering kali memiliki rona biru, dan foto dalam ruangan terkadang tampak kekuningan. Untungnya, masalah ini dapat dengan mudah diatasi dengan menggunakan alat White Balance. Berikut cara menggunakannya untuk mengoreksi warna di foto Anda:

1. Buka foto yang ingin Anda sesuaikan dan ketuk Alat.

2. Ketuk Keseimbangan Putih.

3. Untuk koreksi satu langkah, ketuk AW. Snapseed akan otomatis mengoreksi white balance di foto Anda.

4. Untuk kontrol lebih besar atas penyesuaian, ketuk ikon penggeser, yang memungkinkan Anda menyesuaikan suhu dan rona warna di foto Anda.

5. Terakhir, gunakan ikon pipet untuk menyesuaikan white balance berdasarkan area foto yang ingin Anda cocokkan dengan warna. Saat Anda mengetuk pipet, lingkaran dengan penunjuk akan muncul di layar.

6. Seret pipet di layar Anda untuk menemukan keseimbangan putih yang sempurna untuk foto Anda. Ketuk tanda centang saat Anda puas dengan hasilnya.

Kontras Tonal

Tonal Contrast adalah salah satu alat pengeditan yang sangat kuat yang memungkinkan Anda menentukan area untuk menambah atau mengurangi kontras halus untuk tampilan yang lebih halus yang akan menonjolkan detail di foto Anda. Tiga penggeser terpisah memungkinkan Anda menambahkan kontras ke sorotan, bayangan, atau nada tengah di foto Anda. Dua penggeser tambahan memungkinkan Anda untuk melindungi detail baik dalam sorotan atau bayangan saat melakukan penyesuaian. Cara terbaik untuk menggunakan alat Kontras Tonal adalah bereksperimen dengannya sampai Anda mendapatkan hasil yang Anda cari. Berikut cara mengaksesnya:

1. Unggah foto yang ingin Anda kerjakan, lalu ketuk Alat.

2. Pilih Kontras Tonal.

3. Ketuk penggeser di bagian bawah layar Anda.

4. Gunakan tiga penggeser pertama untuk menyesuaikan tingkat kontras di Sorotan, Nada Tengah, dan Nada Rendah.

5. Gunakan dua penggeser kedua untuk melindungi detail agar tidak hilang saat penggeser kontras lainnya dinaikkan.

6. Ketuk tanda centang untuk menyimpan hasil edit Anda.

Sikat

Brush adalah alat pengeditan foto Snapseed yang memungkinkan Anda untuk secara selektif menyesuaikan saturasi, eksposur, area terang/gelap, dan suhu foto dengan menggunakan jari Anda sebagai kuas. Untuk mengedit bagian kecil foto Anda secara selektif, gunakan jari Anda untuk memperbesar area yang ingin Anda kerjakan:

1. Buka foto yang ingin Anda edit dan ketuk Alat.

2. Ketuk Kuas.

3. Pilih jenis kuas yang ingin Anda gunakan (Dodge & Burn, Exposure, Temperature, atau Saturation).

4. Gunakan panah di bagian bawah layar untuk memilih seberapa dramatis penyesuaian yang Anda inginkan.

5. Perbesar foto Anda dan gunakan jari Anda untuk melukis penyesuaian di tempat yang Anda inginkan.

6. Jika, pada suatu saat, Anda ingin memperbaiki penyesuaian Anda, ketuk ikon bola mata untuk menunjukkan sapuan kuas Anda dan sesuaikan panah hingga muncul tulisan Eraser. Anda sekarang dapat menghapus kesalahan Anda menggunakan jari Anda.

7. Ketuk tanda centang saat Anda selesai menggunakan alat tersebut.